Mengelola Pakaian Saat Hiking

Di sekitar Kota Malang dan sekitarnya dikelilingi oleh pegunungan. Kondisi tersebut sangat mendukung wisatawan domestik dan mancanegara untuk hiking ke gunung di sekitar Malang Raya. Gunung Bromo dan Panderman merupakan tempat wisate favorit untuk ber-hiking ria. Hiking dan camping membutuhkan banyak persiapan dan kelengkapan peralatan untuk mendukung kegiatan tersebut, salah satunya kita harus menyiapkan pakaian untuk jangka waktu tertentu dan tentu saja harus pintar untuk mengelolanya. Berikut adalah tips untuk mengeloa pakaian saat pergi ke gunung.

Tentukan Lama Perjalanan
Ini penting, karena ada beberapa gunung yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai puncak, berhari-hari bahkan.
Agropuro misalnya, total waktu yang dibutuhkan untuk naik-turun adalah sekitar 6-7 hari. Untuk pendakian selama itu, 3 pasang pakaian sudah lebih dari cukup. Satu untuk dikenakan saat perjalanan, satu untuk cadangan ketika basah oleh hujan, sedangkan satu lagi untuk persiapan ganti saat dalam keadaan darurat.
Selektif Memilih Bahan
Saat ini ada banyak sekali jenis bahan yang dijadikan pakaian. Model dan desain yang disuguhkan pun sangat beragam. Pakaian dengan bahan fleece dan wool memang hangat dan mampu menyerap keringat dengan baik, namun perlu diketahui bahwa kedua bahan ini sulit menguapkan kembali keringat yang sudah terserap tersebut. Bahan pakaian yang banyak dianjurkan adalah polyesters, acrylics atau bahan ripstop yang sudah teruji handal untuk dijadikan kemeja lapang.
Tahu Saat Paling Tepat Untuk Mengenakannya
Setiap bahan memang memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Seperti fleece dan wool yang telah saya jabarkan di atas, bukan berarti kedua bahan ini terlarang. Jaket pun hanya dikenakan ketika sedang bermalam, tidak terbayang rasanya pakaian menjadi lengket karena keringat yang terperangkap dalam jaket setelah seharian bermandikan peluh sedang besok masih harus mengenakannya lagi.
Mengemas Dengan Efisien
Melipat dengan cara seperti yang biasa saya lakukan di lemari rumah mungkin mengemat tempat, tetapi ketika harus berjejal dengan barang bawaan lain di dalam carrier, pakaian tersebut akan menjadi mudah kusut dan agak menyulitkan ketika akan mengambilnya kembali.

Sumber : Mengelola Pakaian Saat Hiking

 

 

Leave a Reply